Tuesday 28 July 2015

Donasiku Alfamart Tembus Rp 2 Miliar

-Bagi Kacamata Gratis untuk Anak-anak

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (SAT) pengelola minimarket Alfamart Alfamidi mempublikasikan laporan penggunaan donasi konsumen secara berkala dan transparan, sebagai tanggung jawab etika pada publik.
Sebagai perusahaan ritel yang memiliki jaringan luas, SAT berinisiatif menjalankan aksi kemanusiaan dengan melibatkan partisipasi konsumen selain program Corporate Social Responsibilty (CSR) yang dijalankan menggunakan dana perusahaan.

Corporate Affairs Director Alfamart Solihin mengatakan, dengan partisipasi yang lebih luas, akan lebih banyak masyarakat prasejahtera yang menerima manfaatnya. Partisipasi masyarakat dalam aksi kemanusiaan yang dijalankan Alfamart, dapat disalurkan melalui Donasi-Ku Belanja, dengan mendonasikan sebagian uang kembaliannya, atau dapat juga berpartisipasi langsung melalui Donasi-Ku Bebas tanpa perlu berbelanja terlebih dahulu. “Sehingga sumbangan tersebut dapat disalurkan untuk membantu di bidang pendidikan, kesehatan, bencana alam, lingkungan hidup, sampai pemberdayaan usaha kecil,” paparnya.

Solihin menuturkan, awal 2015, perusahaan melanjutkan kerjasama dengan Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) untuk membangun tiga Rumah Singgah bagi anak penderita kanker di Indonesia, yang didirikan dekat rumah sakit dengan fasilitas pengobatan dan dokter spesialis kanker pada anak. “Hasil donasi konsumen periode 1 hingga 31 Januari senilai Rp 2.396.592.401,” tutur Solihin.

Selanjutnya, SAT bersama Yayasan Berani Bhakti Bangsa (YBBB), kembali menginisiasi Program Bright Eyes, Bright Future, guna membagikan kacamata gratis untuk anak Indonesia yang memiliki gangguan penglihatan jarak dekat. Pada periode 1 Februari hingga 30 April, SAT berhasil mengumpulkan sejumlah Rp 6.949.230.470. “Targetnya, tahun ini akan dibagikan 30 ribu kacamata gratis untuk anak Indonesia,” ujar Solihin.

Penyerahan kacamata telah dilaksanakan di Jakarta, 26 Juni kemarin, bersama Gubernur Basuki Tjahaja Purnama, bantuan mencapai 7.285 kacamata. Tahun lalu, program ini telah berhasil menyalurkan tidak kurang dari 9.626 kacamata dengan pemeriksaan mata gratis pada 42.438 anak.

Program Donasi-Ku 2015, juga bekerja sama dengan Habitat for Humanity (HFH) Indonesia, untuk merekonstruksi rumah layak huni bagi keluarga prasejahtera dalam program Kampung Alfamart. Sepanjang periode 1 hingga 31 Mei terkumpul donasi sebanyak Rp 2.640.754.074. Program yang berjalan sejak 2013 ini telah berhasil merekonstruksi total 106 rumah di Tangerang, Medan, Surabaya, dan Semarang. “Pada tahun ini, lebih dari 70 rumah layak huni rencananya akan direkonstruksi atau dibanfun kembali,” kata Solihin.

Menutup semester pertama 2015, SAT pun kembali bekerja sama dengan United Nations Children Fund (UNICEF) melalui rangkaian program Sahabat Pendidikan Indonesia. periode 1 hingga 30 Juni. Untuk donasi konsumen pada program ini mencapai Rp 2.636.696.021.

Memasuki semester kedua 2015, SAT bekerja sama dengan Yayasan BM Cinta Indonesia akan menjalankan program pemberian 10 ribu paket bantuan pada keluarga prasejahtera. Program yang berlangsung selama 1 hingga 31 Juli, mendapat dukungan pemerintah melalui Kementerian Sosial RI. “Melalui partisipasi Donasi-Ku konsumen Alfamart, perusahaan ingin mengajak masyarakat ikut berperan membantu sesama,” tutur Solihin.(dri)
Posted by: Siti Badriyah
Berita News Karawang Updated at: 19:56

1 comment:

  1. bahu membahu saling membantu lewat donasi semoga membawa kebaikan kepada para donatur

    ReplyDelete