Tuesday 5 January 2016

Lokasi Hutan Taman Raya Disurvey

HUTAN RAYA: Hutan Sanggabuana diantara kandidat hutan bakal taman raya selain hutan di Ciampel, Telukjambe dan hutan Tirtajaya. Keempat lokasi hutan tersebut sudah disurvey oleh tim peniliti hutan raya.
Pemkab Karawang akan merealisasikan pembuatan taman  hutan raya seluas 1000 hektar. Namun lokasi paling tepat taman hutan raya tersebut masih dalam pengkajian tim yang diperkirakan pertengahan tahun ini dapat menyelesaikan tugasnya.

Kepala BPLH Karawang Setyadarma menyebutkan, saat ini BPLH Karawang bersama tim ahli dari Pusat Riset Perubahan Iklim Universitas Indonesia (UI) tengah melakukan survey lokasi yang tepat pembangunan taman hutan raya. Sejumlah lokasi  seperti kecamatan Pangkalan, Ciampel, Teluk Jambe Barat dan Tirtajaya sudah di survey dan akan di kaji untuk menentukan lokasi yang pasti. “Pertengahan tahun ini paling lambat kita sudah menentukan lokasi yang akan dijadikan taman hutan raya. Tim ahli dari UI dipimpin langsung Prof Tarsum dan Rudi Tambunan yang sudah berpengalaman dalam soal pembangunan taman hutan raya,” katanya, Senin (4/1).

Menurut Setyadarma, Pemkab Karawang menargetkan pembangunan taman hutan raya dapat diselesaikan pada tahun 2017 nanti. Untuk merealisasikan hal tersebut Pemkab menggandeng Perum Perhutani dan juga pihak swasta yang beroperasi di Karawang. “Kita masih menunggu penetapan menteri untuk merealisasikan rencana ini. Namun secara prinsip persyaratan administratif sudah kita penuhi jadi tinggal menunggu saja,” katanya.

Setyadarma mengatakan tujuan pembangunan taman hutan raya untuk melestarikan sumber daya air dan menetralisir udara yang mengandung emisi karbon dari industry dan juga gas metan dari pertanian. Selain itu kedepannya kawasan taman hutan raya ini akan dijadikan kawasan wisata hutan. “Kalau sudah selesai pembangunannya taman hutan raya banyak manfaatnya bagi masyarakat, makanya kita focus untuk segera menyelesaikan pembangunan ini hingga 2017 nanti,” katanya.

Menurut Setyadarma idealnya lokasi yang akan dipilih nanti memiliki lahan seluas 1000 hektar untuk penanaman pohon. Pengadaan pohon nantinya akan bekerja sama dengan pihak Perhutani dan juga perusahaan yang ada di Karawang. Sejauh ini baik dari Perhutani maupun perusahaan menyatakan dukungan untuk merealisasikan taman hutan raya.

“Kita tidak bisa melakukan ini sendirian harus ada pihak lain yang mau bekerja sama. Sejauh ini kita sudah berkomunikasi dengan Perhutani dan sejumlah perusahaan besar yang ada di Karawang. Ketika kita sampaikan maksud pembangunan ini mereka merespon positif untuk membantu,” katanya.  (*)



Posted by: Siti Badriyah
Berita News Karawang Updated at: 19:15

No comments:

Post a Comment