Friday 23 October 2015

Operasi Zebra Digelar

DIAMANKAN: Motor-motor tanpa surat yang terjaring
Operasi Zebra yang digelar petugas di Bunderan Mega M
terpaksa diangkut ke truk untuk diamankan ke Polres Karawang.
Sementara sebagian lagi terpaksa disidang ditempat karena tidak
mematuhi aturan lalulintas.
- Puluhan Pengendara Meloloskan Diri Lewat Gor Panatayuda

Kesadaran mematuhi peraturan lalulintas masih rendah di Karawang. Hal itu terbukti saat gelar Operasi Zebra Lodaya 2015, di duta tempat berbeda, Kamis (22/10) sore. Ratusan pengendara roda dua (R2) dan roda empat (R4) terjaring operasi yang dilaksanakan Satlantas Polres Karawang ini. Diantara mereka yang terjaring terdapat 50 pengendara sepeda motor yang tidak dilengkapi dokumen sama sekali sehingga kendaraannya disita petugas.

KBO Lantas Polres Karawang, Ipda Bagus Yudo, mengatakan, operasi Zebra Lodaya digelar di depan Mapolres Karawang dan Bunderan Mega Mall. Targetnya adalah enam penindakan bagi pengendara. Yaitu, pengunaan sabuk pengaman, kendaraan umum yag menggunakan rotator, penggunaan lampu warna putih, knalpot bising, surat-surat kendaraan, dan penggunaan helm ganda. ”Kami menjaring ratusan pengendara yang melanggar lalu lintas, dan langsung dilakukan penindakan dengan ditilang. Dan juga mengamankan sekitar lima puluh kendaraan R2 yang sama sekali tidak dilengkapi surat-surat,” ujarnya.

Rata-rata pengendara yang melanggar lalu lintas tersebut didominasi karena tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) dan tidak membawa Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) serta tidak menggunakan helm ganda. Ditambahkannya, Operasi Zebra Lodaya 2015 ini dilakukan serentak bersama unit lantas di jajaran Polsek. Ke depannya, kegiatan ini masih akan dilakukan dengan lokasi dan waktu yang berbeda-beda. “Saya berharap masyarakat dapat meningkatkan kepatuhan dan sikap disiplin dalam berlalu lintas. Karena tema kali ini, ‘untuk meningkatkan kesadaran dan kapatuhan masyarakat di bidang kamseltibsarlantas di wilayah hukum Polres Karawang’,” ungkapnya.

Kepada pengendara, Bagus Yudo minta supaya mempersiapkan segalanya dengan baik saat berkendara diantaranya menlengkapi surat-surat bermotor. Serta mengecek kondisi kendaraan layak atau tidak untuk dikendarai, dan masyarakat harus tertib berlalulintas dalam berkendara. Masyarakat Karawang diimbau untuk melengkapi segala kelengkapan berkendara baik roda dua (R2) maupun roda empat (R4), termasuk segala atribut tertib lalu lintas bagi pengendara roda dua (R2) dan roda empat (R4). Pasalnya, terhitung sejak 22 Oktober 2015 hingga 4 November 2015 mendatang, jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) menggelar operasi Zebra  2015.

Selama 14 hari ke depan, dimulai, Kamis, 22 Oktober 2015, jajaran kepolisian lalu lintas seluruh Indonesia menggelar operasi penegakan hukum (gakkum) terhadap para pengendara kendaraan bermotor yang melakukanm pelanggaran tata tertib lalu lintas,  bertajuk operasi Zebra 2015.

Sementara, berdasarkan pantauan kami, operasi yang berlangsung disekitar bunderan Mega M sempat membuat panik puluhan pengendara yang melaju dari arah Tuperev. Sedianya mereka melintas di bunderan Mega M, namun karena ada operasi terpaksa nekat berbalik arah melawan arus dan menghindar melalui jalan lingkungan Guro tembus ke GOR Panatayudha.

Bahkan sebagian lagi ada yang pura-pura berhenti dan menunggu hingga operasi selesai. Seperti terjadi di ruas sepanjang 100 meter dari perlintasan kereta api Tuparev - Bunderan Mega M. Juga terlihat dari 200 meter ruas Stadion Singaperbangsa - Bunderan Mega M, puluhan pengendara yang sadar ada operasi ramai-ramai berbelok ke Jalan Melati dibelakang Mega M.

Sementara arus lalulintas di ruas Tuparev yang biasanya padat sempat lengang. Bahkan yang keluar dari arah Jalan Niaga juga tidak terlihat kepadatan lalulintas yang biasanya terkonsentrasi ke arah bunderan Mega M. Pengendara yang mengetahui titik yang menjadi sentral operasi lebih memilih berputar terowongan Gonggo, sehingga terjadi kepadatan lalulintas, sebelum kemudian mengarah menuju Jalan Byapass Ahmad Yani. (*)


Posted by: Siti Badriyah
Berita News Karawang Updated at: 17:17

No comments:

Post a Comment