Friday 23 October 2015

Pemda Didesak Mampu Jamin Iklim Investasi

INVESTASI: Saan Mustopa (kanan) memaparkan
materi tentang pentingnya investasi jaminan investasi aman
dari pemerintah daerah.
Pemerintah Daerah kedepan diharapkan harus mampu menjamin iklim investasi dan usaha di Karawang agar kondusif. Jaminan ini perlu dilakukan, sehingga dapat memperbaiki perokomian baik di daerah maupun secara nasional.

"Pemda harus berupaya membuka diri dan membantu dunia usaha, selain membuka diri terhadap masukan dan kritik dari pelaku usaha di Karawang dan nasional," ujar calon bupati Karawang, Saan Mustopa, dalan acara konsolidasi dunia usaha yang diselenggarakan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Karawang, Kamis (22/10).

Dijelaskan Saan, sebagai bentuk komitmen terhadap dunia usaha, maka yang harus dilakukan Pemda Karawang adalah menciptakan iklim yang kondusif, yaitu jaminan kepastian, agar industri yang ada jangan terombang-ambing kebijakan pemerintah. Juga harus ada birokrasi yang mempermudah perijinan bagi dunia usaha, ini akan menciptakan ekonomi baik kedepan. "Saya meminta komitmen keberpihakan perusahaan terhadap masa depan Karawang untuk bersinergi, sedangkan bentuk kemitraannya itu bisa dirumuskan bersama," aku mantan anggota DPR RI dua periode ini.

Kata dia, pengembangan dunia usaha dan peningkatan kualitas sumber daya manusia sangat dipengaruhi latar pendidikan, sebab Kabupaten Karawang dihadapkan pada problem IPM urutan ke 23 se-Jawa Barat, sedangkan lulusan sekolah masyarakat masih minim sekitar 7,5 tahun rata-rata sekolah atau setara kelas 1 SMP yang 'drop out'. Diakuinya, Karawang sudah menjelma menjadi kota metropolis dengan tumbuhnya hotel bintang lima di Karawang, tetapi itu tidak mampu mendongkrak angka kemiskinan, justru menimbulkan kesenjangan, ini merupakan persoalan yang harus diselesaikan bersama.

Pendidikan, sambung Saan hanya bertumpu di lulusan sekolah dasar, kalau rata-rata lulusan sekolahnya tinggi, maka akan berpengaruh terhadap angka kemiskinan di Karawang. Sehingga harus ada keberpihakan untuk memproteksi agar masyarakat punya pendidikan tinggi, karena kemiskinan itu berbanding lurus dengan pendidikan. "Kita harus bersinergi (pemerintah dan dunia usaha), jangan sampai tumbuh industri, tetapi sumber daya manusianya tidak bisa diupdate," ungkapnya.

Diketahui, konsolidasi dunia usaha ini dihadiri Kadin pusat dan para pasangan calon bupati. Konsolidasi dunia usaha ini bertema 'sinergitas pelaku usaha dengan pembuat kebijakan terhadap pengembangan dunia usaha dan peningkatan kualitas sumber daya manusia'. (*)


Posted by: Siti Badriyah
Berita News Karawang Updated at: 17:16

No comments:

Post a Comment