Monday 14 December 2015

Serapan Anggaran APBD Baru 70 Persen

Sampai saat ini, serapan anggaran APBD 2015 di tiap-tiap OPD baru mencapai 70 persen. Karenanya Sekretaris Daerah (Sekda) Karawang, Teddy Rusfendi Sutisna berharap, agar serapan anggaran di tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bisa mencapai 90 persen sampai akhir tahun 2015.

Menurut Teddy, hampir di semua dinas serapan anggaran 70 persen, terkecuali untuk dinas kesehatan yang baru mencapai 49 persen karena pembangunan rumah sakit paru tidak bisa direalisasikan. Selain itu juga Disperindagtamben baru melakukan serapan anggaran 60 persen karena ada program DAK pembangunan gudang dan revitalisasi pasar Jatiwangi tidak bisa terealisasi. “Kita tetap optimis jika serapan anggaran rata-rata bisa mencapai 90 persen sampai akhir tahun 2015, karena masih banyak pekerjaan yang sudah selesai belum dibayarkan maka setiap hari SPM (Surat Perintah Membayar) terus dikeluarkan,” katanya.

Dijelaskan, untuk dinas Bina Marga dan Pengairan, dinas Cipta Karya, dan Dinas Pendidikan ditargetkan serapan anggarannya bisa mencapai 90 persen sampai akhir tahun ini. Kendati begitu jika ada pekerjaan yang tidak bisa maksimal maka akan diluncurkan tahun depan. “Jika ada pekerjaan itu nyebrang tahun anggaran maka diberi waktu 50 hari dan didenda bagi pengusahanya, jika tidak selesai juga akan diputus kontrak,” tuturnya.

Menurut Teddy, kendala serapan anggaran yang masih 70 persen salah satunya kondisi ekonomi nasional yang fluktuatif. Apalagi adanya kenaikan dollar sehingga mempengaruhi harga barang. “Kondisi ekonomi nasional sangat mempengaruhi serapan anggaran di daerah,” tandasnya.

Ketika disinggung terkait Pilkada yang mempengaruhi serapan anggaran, Teddy membantah jika Pilkada tidak sama sekali mempengaruhi serapan anggaran di Karawang. “Pilkada itu lokalan, yang mempengaruhi serapan itu sifanya nasional,” tuturnya (*)


Posted by: Siti Badriyah
Berita News Karawang Updated at: 22:45

No comments:

Post a Comment