Tuesday 22 December 2015

Gugah Semangat Gotong-royong

AKBP Andy Mochamad Dicky Pastika Gading
Kapolres Karawang AKBP Andy Mochamad Dicky menilai, sistem keamanan lingkungan (Siskamling) harus memiliki sistem komunikasi sosial, sehingga dapat menggairahkan kembali semangat gotong-royong di tengah masyarakat. Salah satu komunikasi sosial itu adalah pos ronda.

"Kalau bicara masalah Siskamling tentunya Pos Ronda merupakan sebuah sistem sosial. Maka dengan langkah pendekatan keamanan harus dengan kearifan lokal yang ditingkatkan," kata Kapolres kepada wartawan, Senin (21/12) usai penutupan lomba siskamling 2015 di Gedung Husni Hamid, Pemkab Karawang.

Dikatakan Dicky,  saat ini peran serta masyarakat endiri untuk menciptakan gotong royong dalam menciptakan suatu keamanan dalam siskamling dirasa sudah sangat menurun oleh karena itu harus kembali di tingkatkan. Salah satunya melalui  lomba siskamling. "Dahulu itu fungsinya bukan hanya sebagai keamanan lingkungan, akan tetapi sebagai interaksi sosial bagaimana mereka membahas tentang kondisi sosial warga seperti apakah ada warganya yang kelaparan atau terkena musibah, sehingga mereka menjadi sumber informasi untuk membangun gotong royong," ungkapnya.

Karena itu, kata Dicky, pihaknya bersama Muspida, muspika dan seluruh toko masyarakat kembali mengadakan Perlombaan yang sudah diselenggaraan ke duakalinya dari tahun 2014 dan saat ini tahun 2015, yang mana di tahun 2015 sekarang ini perlombaan sudah dimulai sejak 12 November lalu dan diikuti sebanyak 30 siskamling setiap kecamatan, hal tersebut dinilai telah sebagai langkah untuk merangsang gotong royong ditengah masyarakat. "Sebagai faktor pendukungnya dalam pembuatan sistem siskamling berdayaditengah masyarakat sseperti pihak Desa, kecamatan, danramil dan polsek disetiap wilayah masing-masing seperti Binmas," terangnnya.

Dicky menjelaskan, nantinya di tahun 2016 perlombaan siskamling akan terus dilakukan dengan sebuah penilaian poin yang akan lebih diperketat. "Kalau saat ni jurinya terdiri dari pihak muspika di bantu tokoh masyarakat dan teman-teman wartawan yang melakukan penilaian. Sebagai mana dalam kategori perlombaan ada 3 jenis yakni siskamling polsek urban, Polsek rural, dan Polsek pra rural. Penilaiannya dari penampilan pos, sistem ronda, sistem manageman keaktifan siskamling di didalamnya," jelasnya.

Hal yang sama juga ungkapkan Pelaksana tugas (Plt) Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana, yang mengatakan bahwa peran keamanan sendiri itu bukan hanya merupakan tugas pihak kepolisian, melainkam juga peran masyarakatnya sendiri untuk membantu pengamanan di wilyahnya masing-masing. "Di dalam siskamling sendiri masyarakat akan saling bersapa tegur, karena menjadi sebuah media silaturahmi tak kujung akhir," ujarnya.

Selain itu pihaknya menyebutkan akan terus mendukung sebuah program-program yang mengedepankan nilai kearifan lokal dengan tingkat gotongroyong. "Kita siap untuk mendukung kembali sebuah program dari polres maupun siapapun yang benar-benar untuk menunjang pembangunan masyarakat terutama untuk memajukanKabupaten Karawnng," pungkasnya. (*)


Posted by: Siti Badriyah
Berita News Karawang Updated at: 20:36

No comments:

Post a Comment