Tuesday 22 December 2015

Alumni SPG Karawang Mau Reunian

H WALIM Angga Sasmita (kanan) bersama alumni SPG Karawang.
Meskipun sekolah pendidikan guru (SPG) telah dibubarkan, namun jalinan emosional antar alumninya hingga saat ini masih terjalin. Bahkan, pada 27 Desember 2015 mendatang, meraka akan mengadakan reuni akbar. Rencananya, reuni yang akan dilaksanakan di Aula Husni Hamid Pemda Karawang ini, akan dihadiri semua angkatan.

Ketua panitia reuni, Drs H Walim Angga Sasmita MPd mengatakan, reuni ini akan diikuti oleh 26 angkatan dari mulai SPG 1966 sampai dengan alumni 1991. Rencananya, ada 2000 alumni SPG akan diundang, baik yang aktif sebagai PNS maupun yang sudah purna bhakti. "Paska bubarnya sekolah pendidikan guru tahun 1991, kami telah dua kali mengadakan reuni, itu pun terbatas hanya beberapa angkatan seperti pada tanggal 12 Mei 2013 di Desa Karyasari, Kecamatan Rengasdengklok hanya diikuti oleh 90 orang alumni dari 8 angkatan dan tanggal 11 Oktober 2014 di Kota Bunga Cipanas, Ciajur diikuti oleh 125 orang alumni dari 12 angkatan saja," katanya, Senin (21/12).

Menurutnya, persiapan reuni akbar ini juga telah dilaporkan secara langsung kepada DR H Muhir Subagja MM dan Brigjen (Purn) Drs H A Afandi SH, MHum sebagai ketua dan wakil ketua panitia tetap reuni alumni SPG Karawang periode 2014-2017. "Moto reuni kali ini adalah merajut silaturahmi, menjahi persaudaraan wujud nyata indahnya kebersamaan. Dengan tujuan, agar reuni menjadi sarana dan momentum silaturahmi yang dapat dilaksanakan secara periodik. Juga agar alumni SPG Karawang, baik yang masih aktif maupun yang sudah purna bhakti tetap eksis, menjaga persatuan dan kesatuan sebagai perwujudan rasa senasib seperjuangan yang melahirkan silih asah, silih asih, silih asu, silih aping dan silih geuing," paparnya.

Menurut H Walim, alumni SPG Karawang, sudah banyak mengabdikan diri di masyarakat menjadi seorang pendidik dan menjunjung tinggi profesi yang dimiliki untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Walaupun memang tidak dipungkiri, ada juga alumni yang berkiprah selain di duni pendidikan seperti di Departemen Dalam Negeri, Departemen Hankam, Mahkamah Agung dan lembaga legislatif. "Mungkin ada pula yang mengabdikan dirinya di lembaga-lembaga lain. Tapi intinya, para alumni SPG Karawang, kehadirannya dan peranannya di masyarakat patut menjadi contoh dan teladan," paparnya.

Ditambahkan dia, meskipun lembaga pendidikan SPG saat ini tidak ada, namun para alumni tetap menjaga nama baik almamater. Dan hubungan antar alumninya tetap terjalin dengan baik dari semua angkatan. "Oleh karena itu, dengan melalui media reuni akbar ini, sepakat untuk membentuk suatu ikatan alumni SPG Karawang yang pada gilirannya dapat mewujudkan keinginan yang didambakan, yaitu lahirnya sekolah pendidikan guru dan sekolah menengah kejuruan pendidikan guru, seperti sekolah kejuruan lain," pungkasnya. (*)




Posted by: Siti Badriyah
Berita News Karawang Updated at: 20:39

No comments:

Post a Comment