Monday 30 November 2015

LSM Ancam Lapor Cabup Curang

LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMB) menggelar konsolidasi nasional menjelang Pilkada serentak di Jawa Barat, Minggu (28/11). Kegiatan yang digelar di Hotel Swiss Bell In, ini dalam rangka menyamakan persepsi menjelang Pilkada serentak di Jawa Barat.

M. Sayegi Dewa, Ketua LSM GMBI Distrik Karawang mengatakan, sebagai bagian dari elemen masyarakat bawah, LSM GMBI akan ikut andil mengawal Pilkada ini supaya berjalan secara demokratis dan sesuai dengan aturannya sehingga pelaksanaan Pilkada serentak, khususnya di Jawa Barat bisa berjalan secara kondusif. “Pada intinya, selain   demokratis, sesuai rule (aturan) juga supaya berjalan secara kondusif,” imbuhnya.

Disinggung alasan digelar di Karawang, dijelaskan Dewa, karena Karawang merupakan salah satu kabupaten yang tingkat pelanggaran dan kekisruhannya diperkitakan besar di Pilkada serentak ini selain dari Kabupaten Pangandaran. “Awalnya acara ini akan kita gelar di Pangandaran. Karena satu dua hal pertimmbangan, akhirnya digelar di   Karawang. Kita fokuskan di Karawang dan Pangandaran. Karena memang dua daerah ini sangat rawan pelanggaran maupun kekisruhannya,” katanya.

Ia menegaskan bahwa semangat pengawalan yang dilakukan GMBI adalah untuk menciptakan agar Pilkada serentak ini berjalan lancar dan kondusif. Pihaknya minta agar para calon dan pendukungnya, tidak melakukan tindakan di luar aturan. "Kalau ada yang berbuat curang kita akan laporkan ke instansi terkait dan akan kita kawal sampai yang bersangkutan diberi sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku,” tegasnya.

Menurut Dewa, Pilkada serentak  ini merupakan pertaruhan demokrasi secara nasional. Artinya, kalau dinodai dengan ulah oknum-oknum yang berbuat curang dan menimbulkan kekisruhan, bukan hanya pemerintah saja yang tercoreng tapi masyarakat bawah pun  akan tersakiti. Karena anggaran  yang  dikeluarkan  untuk  pelaksanaan Pilkada  ini sangat fantastis mencapai miliaran untuk setiap daerah. ”Maka dari itu, mari kita bersama-sama untuk mengawal Pilkada ini supaya berjalan demokratis dan sesuai aturan. Karena kalau demokratis, lancar dan sesuai aturan, Pilkada ini akan menciptakan pemimpin berkualitas yang bisa memajukan daerah dan mensejahterakan rakyat,” pungkasnya. (*)


Posted by: Siti Badriyah
Berita News Karawang Updated at: 22:11

No comments:

Post a Comment