Tuesday 10 November 2015

Karawang Jadi Pilot Projek Pelacakan Batas Desa

BATAS DESA: Petugas Badan Informasi Geospasial
mendata batas wilayah desa. Kegiatan yang merupakan
program pemerintah pusat itu dalam upaya menertibkan
batas-batas wilayah desa.
*Jadi Indikator UU Desa No 6 Tahun 2014

Pemerintah saat ini tengah mendata batas seluruh desa yang ada diwilayahnya. Kegiatan ini merupakan agenda pemerintah pusat melalui Badan Informasi Geospasial dalam rangka pemetaan batas-batas desa se Indonesia. Kabupaten Karawang menjadi pilot project untuk kegiatan batas desa tahun 2015 di Provinsi Jawa Barat.

Menurut Tim Leader kegiatan pelacakan batas desa Kabupaten Karawang, Bubun Perkasa, tujuan kegiatan itu adalah untuk memastikan batas-batas desa di Kabupaten Karawang. Sehingga salah satu indikator dalam penerapan UU Desa No 6 tahun 2014 bisa diwujudkan. Salah satu indikator tersebut adalah terkait luas wilayah. Bahkan kata Bubun, Plt Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, sangat mengapresiasi malah akan mengalokasikan dana untuk membangun batas-batas desa apabila kegiatan ini telah selesai dilaksanakan dan telah melahirkan pula perda tentang batas desa. "Kegiatan ini diselenggarakan mulai tanggal 7 Oktober lalu pada saat temu kerja sampai selesainya kegiatan pelacakan batas desa dalam kecamatan dan antar kecamatan pada tanggal 9 nopember 2015," ujar Bubun, kemarin.

Menurut Bubun, kegiatan pelacakan batas desa dalam kecamatan saat ini sudah dilaksanakan dari mulai tanggal 13 oktober 2015 - 30 oktober 2015. Dan saat ini, sedang dilaksanakan kegiatan batas desa antar kecamatan. Untuk pelacakan batas desa antar kecamatan dibagi menjadi  tiga region. Hal ini melihat dari banyaknya kecamatan yang ada di Kabupaten Karawang. sehingga persatu regionnya rata-rata 10 kecamatan. "Ada juga yang lebih dari 10 kecamatan saat pembahasan, itu dikarenakan setelah selesainya kegiatan pelacakan batas desa antar kecamatan di region pertama, ada beberapa desa dan kecamatan yang juga ikut di region selanjutnya," ungkap Bubun.

Mantan Ketua Umum HMI Cabang Purwakarta ini menambahkan, dalam pelacakan batas desa ini, tim pelacakan batas desa sangat terbantu oleh kerjasama dari Pemkab Karawang. Baik dari Bupati, Sekda dan pihak terkait seperti Camat dan kepala desa. "Tanpa support dari semua pihak, kegiatan pelacakan batas desa ini tak akan berjalan lancar," katanya.

Sementara itu, khusus untuk para kepala desa dan lurah serta camat di Kabupaten Karawang ini, mereka sangat membantu kegiatan ini. Karena berulang-ulang mereka dihadirkan bahkan ada tim pelacakan yang mendatangi ke rumah kepala desa masing-masing jika ada kekurangan-kekurangan berupa administrasi. (*)


Posted by: Siti Badriyah
Berita News Karawang Updated at: 19:06

1 comment:

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Sri Rahayu asal Surakarta, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil di daerah surakarta, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Muh Tauhid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalanan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL, alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya tahun ini sudah keluar, bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI, siapa tau beliau bisa membantu anda

    ReplyDelete