Monday 9 November 2015

Waspadai Ancaman Gadget

Tidak sedikit pelajar yang menyalahgunakan kecanggihan gadget. Teknologi yang seharusnya dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mempermudah informasi malah disalahgunakan untuk menyaksikan video mesum. Karena itu butuh perhatian serius agar gadget tidak disalah artikan sebagai sarana perusak moral.

Hal itu diungkapkan pemerhati masalah sosial Dewi Partiyani, belum lama, dalam opininya. Dikatakannya, di zaman yang sudah modern ini banyak sekali orang yang mempunyai alat komunikasi canggih atau smartphone. Semua usia dari orang dewasa hingga anak-anak mempunyai smartphone, hal ini berarti banyak siswa yang membawa gadget ke sekolah seiring dengan maraknya pengguna gadget, dan inipun berdampak pada masalah disekolah karena rasa ingin tahu remaja yang tinggi tak sedikit pelajar memanfaatkan gadget ke hal negatif, sepererti menyaksikan video mesum.

Sebagai contoh beberapa bulan yang lalu, terang Dewi, dirinya mengulas pemberitaan di surat kabar bahwa seorang siswa menawari teman-teman sekolahnya kepada lelaki hidung belang dengan menggunakan salah satu aplikasi yang ada di gadget, kasus baru-baru ini juga tidak kalah memprihatinkan yaitu dua orang siswa kedapatan membuat video mesum dan itu menandakan bahwa siswa bisa berbuat apapun dengan gadget termasuk melakukan hal-hal negatif yang tidak sepatutnya dilakukan oleh pelajar.

"Beberapa sekolah di kota-kota besar sudah memberlakukan aturan dilarang membawa gadget kesekolah untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Sebagai gantinya siswa akan mendapatkan fasilitas internet dari sekolah yang dinilai lebih aman dan terawasi, dan bagi orang tua yang mau telepon anaknya tidak usah telepon langsung, bisa telepon ke pihak sekolah," katanya. (*)


Posted by: Siti Badriyah
Berita News Karawang Updated at: 20:19

No comments:

Post a Comment