Monday 16 November 2015

Rendah Kualitas Layanan Angkot

PARKIR LIAR: Belasan sopir angkot parkir liar
menunggu anak sekolah bubaran di sepanjang ruas
Jalan Bypass Ahmad Yani.
Kualitas pelayanan angkutan umum perkotaan (angkot) di Karawang masih rendah. Hal itu dikarenakan permasalahan ketidakseimbangan antara sarana dan prasarana yang ada serta tidak dilakukan dengan baik manajemen perencanaan dan penerapan. Mestinya hal ini menjadi bahan evaluasi pemerintah daerah khususnya Dinas Perhubungan (Dishub) dan instansi terkait. Termasuk mengevaluasi kalayakan jalan angkot-angkot yang ada saat ini.

"Perlu solusi memang, kualitas pelayanan angkutan umum perkotaan (angkot) di Karawang masih rendah, untuk itu harus diakui ini juga salah satu pemicu terjadinya kemacetan di Karawang," ujar pemerhati masalah lalulintas Arif D, belum lama ini melalui surat elektroniknya. Memang, kemacetan bukan hanya berlangsung di wilayah perkotaan tetapi jalan kecamatan pun tak luput dari kemacetan. Hal ini bisa dimaklumi, terlebih jika mengacu kepada panjang jalan yang tidak pernah bertambah, sementara jumlah moda transportasi baik pribadi maupun umum terus mengalami peningkatan jumlahnya.

Karenanya, hal penting yang mesti diperhatikan sudah tentu mencermati penyebab kemacetannya, seperti keberadaan kawasan industri, sekolah dipinggir jalan dan perkantoran. Tiga sektor ini merupakan pemasok sumber kemacetan paling potensial di Karawang selain masalah perparkiran. Mengacu dari kondisi lalu lintas saat ini tentu saja perlu solusi. Diantaranya tentang konsep penataan transportasi. Karenanya pemerintah daerah karawang harus memiliki konsep tersebut sebagai upaya mengantisipasi keadaan yang lebih parah dari sekarang. Terlebih jika menyadari volume kendaraan sekarang ini yang semakin tidak terbendungkan. (*)


Posted by: Siti Badriyah
Berita News Karawang Updated at: 19:32

No comments:

Post a Comment