Friday 20 November 2015

Optimalkan Lahan Pekarangan

Optimalkan Lahan Pekarangan
PEMBANGUNAN pertanian merupakan upaya untuk mewujudkan pertanian yang efisien dan tangguh serta dapat mengembangkan sistem ekonomi yang saling mendukung dengan sektor pertanian dengan yang lain melalui keterpaduan agribisnis.

Hal itu terungkap saat pelatihan optimalisasi lahan pekarangan dan pengolahan sampah rumah tangga yang digelar tim CSR KIIC, Kamis (19/11) di Telaga Desa KIIC. Kegiatan tersebut dihadiri puluhan ibu-ibu anggota TP PKK Kecamatan Majalaya dan Telukjambe Barat, selain perwakilan pejabat dua kecamatan tersebut. "Sektor pertanian saat ini dihadapkan pada terbatasnya ketersediaan sumber daya alam tak terkecuali di Karawang," ujar perwakilan KIIC Bambang Sugeng.

Salah satu yang dapat dijadikan untuk pembangunan agribisnis di pedesaan adalah pemanfaatan lahan pekarangan secara optimal. Untuk itulah kata dia, KIIC menggelar acara pelatihan ini dimana pesertanya merupakan ibu-ibu penggerak PKK di kecamatan. Selain memanfaatkan lahan pekarangan rumah,upaya lainnya yaitu pengolahan sampah rumah tangga menjadi pupuk kompos cair. Pupuk kompos cair ini bahan bakunya merupakan hasil dari sampah rumah tangga seperti sisa makanan, sisa sayuran, daun-daunan dan sampah lainnya. "Tentu jika sudah menjadi pupuk akan banyak manfaat yang dihasilkan," katanya. (*)
Posted by: Siti Badriyah
Berita News Karawang Updated at: 18:48

No comments:

Post a Comment