Thursday 5 November 2015

Imigrasi Luncurkan Aplikasi Immbook

IMMOBOOK: Peluncuran aplikasi Indonesian Imigrasi
Mobile Book (Immobook), kemarin. Aplikasi ini memudahkan
masyarakat mengakses informasi terkait imigrasi.

Kantor Imgrasi Klas II Karawang membuat terobosan baru dengan membuat aplikasi Indonesian Imigrasi Mobile Book (immbook). Ini untuk mempermudah masyarakat mengakses informasi, mulai dari prosedur layanan hingga peraturan keimigrasian sampai layanan publik.

"Masyarakat cukup mendonwload aplikasi ini hanya dengan menggunakan smartphone," ujar Kepala Kantor Imigrasi Klas II Karawang J. Fanny Satria Cahya dalam acara lauching program tersebut, Kamis (5/11).

Melalui aplikasi itu, lanjut Fanny, nantinya masyarakat dipermudah mendapatkan informasi, baik prosedur pelayanan, peraturan Keimigrasian hingga layanan publik. Dengan hanya mendownload aplikasi ini, mempermudah masyarakat, karena dimana pun dan kapanpun bisa mengakses informasi tersebut. "Jadi nanti masyarakat tidak usah capek - capek ke kantor imigrasi untuk menanyakan soal cara pembuatan paspor atau ijin tinggal, tinggal download lalu akses layanannya," seru dia.

Sementara itu dalam launching ini hadir pula Kepala Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat I Wayan Sukerta, dirinya mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh Kantor Imigrasi Karawang ini. Karena dapat mengembangkan teknologi, untuk membantu mempermudah pelayanan Keimigrasian. "Ini prestasi luar biasa, sebuah inovasi untukmemberikan kemudahan kepada masyarakat," kata dia.

Ia berharap dengan adanya aplikasi ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Karawang. Sehingga mereka dapat menerima manfaat dari aplikasi ini. Apalagi saat ini Karawang merupakan kota industri, tentunya jumlah warga negara asing juga tinggi. "Orang asing datang ke indonesia bukan mendatangkan masalah, tapi harus mendatangkan manfaat," ulasnya.

Sementara itu Plt Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana yang hadir dalam launching ini mengatakan, dengan adanya aplikasi ini tentunya dapat memberikan informasi, edukasi dan kemudahan bagi masyarakat. Dan dia bangga, karena Kantor Imigrasi Karawang bisa menjadi contoh bagi kantor lain untuk memberikan inovasi untuk pelayanan masyarakat. "Prinsipnya berbangga hati jadi contoh imigrasi lain," bebernya.

Disisi lain, Cellica juga meminta kepada unsur pemerintah daerah dan masyarakat untuk melakukan pengawasan terhadap orang asing. Karena karawang saat ini menjadi salah satu kota tujuan warga negara asing, lantaran pesatnya perkembangan industri. Keberadaan orang asing ini dapat memberikan manfaat bagi warga negara Indonesia. Maka itu, pengawasan orang asing perlu dilakukan secara bersama - sama dan sinergis baik pemerintah daerah maupun masyarakat. (*)


Posted by: Siti Badriyah
Berita News Karawang Updated at: 22:32

No comments:

Post a Comment