Sunday 21 February 2016

Awas, Sindikat Tenaga Kerja Berkeliaran

Ilustrasi Awas, Sindikat Tenaga Kerja Berkeliaran
Selain Kabupaten Sukabumi kantong Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Jawa Barat adalah Karawang. Tidak heran kalau kabupaten inipun menjadi target para penyalur tenaga kerja ke luar negeri. Sayangnya, para calon tenaga kerja pun terkadang kurang jeli memilih biro jasa penyalur TKI. Kondisi seperti ini yang memicu bergentayangannya penyalur TKI liar di Karawang.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaker Trans) Kabupaten Karawang H. A Suroto, tidak menyangkal keberadaan penyalur-penyalur TKI liar ini. Karenanya dia menghimbau agar masyarakat Karawang yang berniat bekerja ke luar negeri mewaspadai perusahaan jasa tenaga kerja Indonesia atau sponsor ilegal. Terlebih sudah banyak  korban penipuan TKI diluar negeri. "Disnakertrans sering menerima laporan terkait permasalahan tenaga kerja Indonesia (TKI) di luar negeri. Mulai dari hilang kontak, penyiksaan, bahkan lebih parah menjadi korban perdagangan manusia," ucap Suroto.

Para TKI yang diduga menjadi korban perdagangan manusia itu karena saat keberangkatan mereka ke luar negeri menggunakan Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI) ilegal. "Jadi masyarakat Karawang yang berminat atau berkeinginan menjadi TKI, lebih baik mewaspadai PJTKI yang memberangkat ke luar negeri. Jangan mau diiming-imingi uang jutaan rupiah saat akan berangkat ke luar negeri," ujar Suroto.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, masyarakat yang akan berangkat ke luar negeri bisa mengecek ke Disnakertrans Karawang terkait PJTKI yang akan memberangkat mereka. "Apakah PJTKI yang memberangkatkan mereka ke luar negeri legal atau ilegal, itu bisa dicek ke Disnakertrans. Jadi jangan sembarangan berangkat ke luar negeri agar tidak menjadi korban perdagangan manusia," tukas dia.

Sementara itu, sebelumnya Suroto menyatakan, beberapa waktu lalu pihaknya menerima laporan adanya seorang warga Karawang yang menjadi korban perdagangan manusia. Ia mengatakan, pada awalnya Disnakertrans mendapat laporan dari seorang warga Karawang yang putus kontak dengan istrinya yang bekerja di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

"Laporan itu disampaikan Agus Setiawan. Ia putus kontak dengan istrinya, Siti Khodijah, yang menjadi tenaga kerja wanita di Abu Dhabi," kata dia.  

Khodijah sendiri berangkat ke luar negeri untuk bekerja di Abu Dhabi melalui jasa Perusahaan Penyalur Tenaga Kerja Indonesia PT Alawiyah Indah. Setelah dilakukan penelusuran, kata dia, pihaknya menemukan adanya indikasi kalau perusahaan penyalur tenaga kerja Indonesia itu melakukan perbuatan melawan hukum. (*)


Posted by: Siti Badriyah
Berita News Karawang Updated at: 22:45

1 comment:

  1. Saya sangat berterimakasih banyak kepada aki wono atas bantuan dana ghaibnya dan saya tidak pernah menyanka kalau saya bisa mendapatkan uang sebesar 470 juta,berkat bantuan aki saya bisa melanjutkan bisnisku lagi dan saya tidak pernah menyanka kalau ini benar benar nyata karna sudah banyak paranormal yang sudah saya hubungi dan saya datangi,itu tidak pernah membawakan hasil bahkan uang saya habis dibawa lari sama mereka dan cuma aki wono saja yang membawakan hasil kalau anda mau di bantu silahkan hbg aki wono di nmr 085-320-535-559...aki wono juga bisa mengeluarkan angka togel yg di jamin 100% tembus seperti 4d 5d 6d angka dari aki betul-betul tembus karna sya udah buktikan terimakasi

    ReplyDelete