Sunday 14 February 2016

Lapas Warung Bambu Bakal Dilengkapi CCTV

CCTV: Kepala Wilayah Kemenkum HAM Jawa Barat I Wayan Sukerta,
menyampaikan rencana Kementrian Hukum dan HAM akan memasang
Close Circuit Television (CCTV) di lapas Warung Bambu.
Warga binaan lembaga pemasyarakat (Lapas) Kelas II Warung Bambu, jangan coba-coba lagi untuk chating melalui jejaring sosial menggunakan ponsel. Demikianpun petugas yang ketahuan menyelundupkan narkoba ke Lapas langsung akan dipecat. Dalam waktu dekat ini Kementrian Hukum dan HAM akan memasang Close Circuit Television (CCTV).

Seperti ditutukan, pasca sidak yang dilakukan BNN ke Lapas Kelas II Karawang, sejumlah pembenahan terus dilakukan. Pegawai yang ketahuan membantu dalam memasukan narkoba kedalam lapas akan langsung di pecat. "Kita sudah lakukan pembenahan di internal, dengan lebih cermat lagi," ujar Kepala Wilayah Kemenkum HAM Jawa Barat I Wayan Sukerta kepada Berita News Karawang saat menghadiri acara dilapas Kelas II Karawang, baru-baru ini.

Sukerta juga menambahkan, dia meminta kepada seluruh petugas lapas untuk menegakkan aturan standar operasional prosedur (SOP), dan juga bertindak tegas jika tidak sesuai SOP. Sehingga dapat mempersempit ruang gerak, narkoba masuk lapas. "Tegas dalam menegakkan aturan SOP untuk memimalisir, untuk menihilkan masuknya narkoba," kata dia.

Meski diakui Sukerta, sangat sulit menzerokan tindakan tersebut didalam kondisi saat ini. Dengan terbatasnya jumlah personel dan petugas yang ada di dalam lapas. Maka dari itu dibutuhkan komunikasi yang intens dengan aparat lainnya seperti pihak kepolisian, untuk mengantisipasi masuknya narkoba ke lapas. "Tapi terlalu sulit dengan kondisi situasi terbatasnya petugas. Kita saran dan memerintah kepala lapas untuk meningkatkan diri internal membangun kolrdinasi sinergii jajaran petugas seperti polisi," tambahnya.

Disinggung masuknya barang haram tersebut bisa masuk jika berkat bantuan petugas?, Sukerta menegaskan pihaknya tidak main - main jika terbukti, sanksi pemecatan akan diberikan. "Jika ada ada laporan kita dalami, tingkat laporannya. Kalau berat kita ambi langkah keras, kita akan pecat,"serunya.

Tak cukup sampai disitu, banyaknya peristiwa masuknya barang haram narkoba ke lapas membuat Kementerian Hukum dan HAM harus memutar otak. Salah satunya pihaknya akan memasang CCTV diseluruh sudut yang ada dilapas. "Kita akan coba konek dengan CCTV, nantinya CCTV tersebut konek dengan Kementerian,"ujar Direktur Bina Kesehatab dan Perawatan Narapidana Direktorat Jendral Permasyarakatan Kemenkum HAM Wahidin.

Pemasangan CCTV diseluruh lapas dan rumah tahanan seluruh Indonesia ini akan dilakukan secar tertahap. Dan sudah ada sejumlah lapas yang dipasang CCTV disudut tiap ruang dilapas. "Kita akan bertahap. Dan lapas - lapas tertentu akan sudah bisa terkontrol," katanya.

Tak terkeculi lapas Karawang, kedepan Wahidin berjanji akan memasang CCTV dilapas ini. Sehingga proses pengawasan akan lebih ditingkatkan, dan akan dipantau secara terus menerus. "Insya Allah Karawang akan kit pasng, tapi tergantung skala perioritas nanti," tandasnya. (*)


Posted by: Siti Badriyah
Berita News Karawang Updated at: 22:46

No comments:

Post a Comment