Friday 19 February 2016

Kinerja Dewan Ditingkatkan

Toto Suripto
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karawang optimis 2016 ini kinerja para wakil rakyat akan meningkat. Sebagai legislator DPRD akan lebih ketat mengawasi kinerja pemerintah.

"Sebagai dewan tetap akan menggunakan fungsinya sebagai legislasi, budgeting dan controlling. Kita akan lebih tingkatkan pengawasan terhadap eksekutif," ujar Ketua DPRD Kabupaten Karawang Toto Suripto.

Dikatakan Toto, pihaknya mengingatkan kepada para legislator lainnya untuk menjalankan tupoksinya dengan optimal. Dirinya sebagai pimpinan DPRD akan menekankan kepada para wakil rakyat Karawang lainnya untuk tidak terlena dengan jabatan sehingga dapat menjalankan tanggungjawabnya sesuai dengan tupoksinya. "Harus menggunakan fungsi controlling terhadap opd terkait. Kita adalah sebagai legislator tidak boleh terlena sebagai fungsi kontrolnya,"imbuhnya.

Namun pihaknya juga meminta kepada Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Karawang terpilih setelah dilantik juga ikut mengawasi kinerja para Pegawai Negeri Sipil (PNS). Mengingat roda pemerintahan baru akan dimulai sehingga realisasi program tidak akan meleset dari perencanaan. "Intinya harus diperketat pengawasannya. Saya menghimbau juga kepada bupati dan sekda untuk memberikan tekanan kepada OPD untuk memaksimalkan serapan anggaran dengan realisasi program yang memuaskan," ulasnya.

Lanjut Toto, pihaknya meminta kepada eksekutif untuk mendeteksi kemungkinan kendala yang akan menyebabkan program tidak terlaksana. Sehinga pada akhirnya capaian target penyerapan anggaran tidak tercapai. "Kalau serapan anggaran tidak tercapai dari sekaranag apa kendalanya. kendala yang akan datang bagaimana harus dideteksi terlebih dahulu,"pungkasnya. (*)


Posted by: Siti Badriyah
Berita News Karawang Updated at: 18:32

No comments:

Post a Comment