Wednesday 2 September 2015

30 Persen Bangunan SD di Karawang Timur Rusak Parah

30 Persen Bangunan SD
di Karawang Timur Rusak Parah
Selain di Kecamatan Kota Baru dan beberapa kecamatan lain di wilayah pesisiran, kekurangan ruang kelas baru (RKB) dan bangunan sekolah rusak, ternyata terjadi pula di perkotaan. Salah satunya terjadi di wilayah UPTD PAUD SD Kecamatan Karawang Timur.

Di Kecamatan yang lokasinya tak jauh dengan pusat pemerintahan Kabupaten Karawang ini ternyata masih banyak yang membutuhkan Ruang Kelas Baru (RKB). Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Unit Pembantu Teknis Dinas (UPTD) PAUD SD Kecamatan Karawang Timur, Drs. H. Yayat Supriyatna, Selasa (1/9).

Yayat menjelaskan, sekolah yang membutuhkan RKB diantaranya SDN Kondang Jaya 3, SDN Karawang Wetang 1, 3, dan 5, SDN Palumbon 1, 2 dan 3. Dari sekian banyak sekolah yang membutuhkan RKB tersebut, seluruhnya terkendala oleh lahan yang tidak ada. “Kurang lebih 25 RKB yang kami butuhkan, tetapi hampir semua sekolah yang membutuhkan RKB terkendala lahan, jadi saat ini masih belum dapat bantuan RKB,” ujar Yayat.

Sementara itu, ia selaku pucuk pimpinan dunia pendidikan di Kecamatan Karawang Timur mengaku telah mengajukan permohonan bantuan ke Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga dan dinas terkait yang memang mengurus tentang pembangunan Infrastruktur. Diakuinya juga bahwa ada beberapa sekolah yang sudah mendapatkan bantuan dari pemerintah daerah ataupun dari pemerintah propinsi. “Jadi selain melayangkan permohonan bantuan ke pemerintah daerah, kami juga memohon bantuan ke pemerintah propinsi serta pusat. Semoga saja ada realisasi dari pengajuan yang kami layangkan. Karena untuk kepentingan dunia pendidikan,” tuturnya.

Selain membutuhkan RKB, menurut Yayat, tidak sedikit  kondisi bangunan SD di Kecamatan Karawang Timur rata-rata mengalami kerusakan cukup parah. Namun kata dia, pihak sekolah terpaksa tetap menggunakan sekolah rusak untuk kegiatan belajar mengajar. “Kondisinya 30 persen bangunan SD di Karawang Timur rusak," kata Yayat dan menambahkan kondisi bangunan sekolah tersebut butuh segera perbaikan.

Yayat berharap, pemerintah Kabupaten Karawang bisa lebih memperhatikan fasilitas Infrastruktur sarana dan prasarana pendidikan. Karena saat ini masih banyak bangunan sekolah yang kondisinya sangat memprihatinkan, bahkan untuk sekolah-sekolah yang letaknya di wilayah perkotaan sekalipun. “Kami selalu berharap dunia pendidikan bisa semakin baik demikianpun infrastrukturnya,” pungkasnya. (*)
Posted by: Siti Badriyah
Berita News Karawang Updated at: 01:50

No comments:

Post a Comment