Thursday 17 September 2015

Warga Batak Semarakan HUT Karawang

Warga Batak Semarakan HUT Karawang
Untuk memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Karawang ke 382, warga asal Sumatera Utara atau suku Batak akan menggelar lomba vokal dan mewarnai yang merebutkan piala Dandim 0604 Karawang.

Penanggungjawab acara, Eben Ezer M Sinaga, mengatakan, kegiatan ini akan diselenggarakan tanggal 27 September 2015 nanti, di Kampung Budaya. "Kegiatan ini merupakan silaturahmi keluarga besar suku Batak se-Karawang tahun 2015 (Pasombu Sihol,red)," kata Eben, Rabu (16/9).

Diakuinya, inisiatif ini spontan dari beberapa orang Batak yang ada di Karawang, yang mamandang perlu untuk berpartisipasi dalam perayaan Hari Jadi Kabupaten Karawang ke-382. "Acara ini tidak ada muatan politis atau kepentingan lain. Ini murni untuk silaturahmi atau Pasombu Sihol sesama suku Batak yang ada di Karawang," jelasnya.

Dijelaskan, bentuk kegiatan tersebut perlombaan seni suara lagu Batak untuk vocal group atau vocal Solo. Kemudian, lomba mewarnai tingkat sekolah dasar. “Perlombaan ini untuk umum masyarakat Karawang. Lomba seni suara, syaratnya lagu Batak. Kalau lomba mewarnai maksimal kelas 5 SD. Bagi yang berminat mengikuti, bisa daftar ke sektetariat PPM di dekat GOR Panatayudha,” katanya.

Eben mengatakan, tema Kegiatan yang diusung ‘Dengan Semangat Hari Jadi Kabupaten Karawang yang ke-382, kita perkokoh persatuan dan kesatuan guna menciptakan Karawang yang aman, tertib, damai dan kondusif dengan budaya silih asah, silih asih, silih asuh dan budaya dalihan natolu’. “Kami harap suku Batak di Karawang dapat hadir dan partisifasi kegiatan,” harapnya.

Salah seorang aktivis asal Sumatera Utara, Mardiman Ujung, mengatakan, perlombaan tarik suara Batak untuk memperkenalkan lagu Batak ke masyarakat. Meski di Karawang, lagu Batak ini bisa populer dikalangan masyarakat. “Intinya, kita silaturahmi bersama masyarakat. Melalui kegiatan ini akan lebih akrab lagi. Kita tidak membedakan antar suku, tetapi utaman silaturahmi,” ungkapnya. (*)
Posted by: Siti Badriyah
Berita News Karawang Updated at: 18:43

No comments:

Post a Comment