Tuesday 15 September 2015

Lindungi Lahan Pertanian

LUMBUNG PADI: Tugu padi di bunderan Bank bjb
melambangkan bahwa Karawang adalah kota
lumbung padi yang harus dipertahankan eksistensinya. 
*Gubernur Ingatkan Bupati

Pemerintah Karawang diingatkan agar membatasi ekspansi alih fungsi lahan pertanian. Prestasi Kabupaten Karawang sebagai lumbung beras dan pemasok kebutuhan beras nasional sangat membanggakan karena itu perlu dipertahankan dan ditingkatkan.

Hal itu diungkapkan Gubernur Jawa Barat H. Ahmad Heryawan, melalui pesan tertulisnya disampaikan Kepala Badan Koordinasi Pemerintah Provinsi (BKPP) Wilayah II Purwakarta Dedi Mulyadi yang mewakili gubernur, saat menghadiri HUT Karawang ke 382, kemarin (14/9). Puncak kegiatan dilakukan dengan menggelar Sidang Paripurna Istimewa di gedung paripurna DPRD Karawang. "Semoga dengan hari jadi ini, Pemerintah Daerah dapat termotivasi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," ucapnya.

Disisi lain Karawang saat ini pun terus berkembang sebagai daerah industri. Namun demikian, keberadaan industri tersebut diharapkan tidak akan menggerus lahan pertanian yang ada. Untuk itu, Gubernur mewanti - wanti kepada Pemerintah Daerah untuk terus menjaga lahan pertanian agar tidak dikonversi untuk penggunaan lainnya. Karena jelas kata dia, dapat membahayakan ketahanan pangan di tingkat provinsi maupun nasional.

Gubernur juga meminta agar pemerintah daerah tidak mengizinkan alih fungsi lahan pertanian. "Karena diyakini dengan pembangunan sektor pertanian yang baik akan membawa kesejahteraan bersama, seraya mengingatkan untuk tetap mengembangkan sektor lainnya, seperti industri, sumber daya manusia, UKM, pendidikan dan pemerintahan," ujarnya.

Disisi lain,  Plt Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengatakan 382 tahun usia Karawang saat ini, sudah sepatutnya bersama bersyukur. Karawang yang dicintai bersama semakin maju dari tahun ke tahun.
Kemudian untuk 5 tahun terakhir ini sejak akhir tahun 2010 hingga akhir 2015 ini bertanggung jawab melanjutkan memajukan Karawang yang menjadi indikator yakni keberhasilan Pembangunan dalam bentuk capaian kinerja yang ada dalam bentuk Penghargaan ada dan dalam bentuk hasil pembangunan yang dapat dirasakan Masyarakat. Lebih lanjut Cellica mengatakan, kesejahteraan rakyat merupakan titik akhir yang dituju dalam setiap program pembangunan yang akan dilaksanakan.

Guna mencapai tujuan tersebut. Jangan ada lagi pihak pihak yang mengedepankan kepentingan pribadi perlu bersinergi, utamakan kepentingan negara. Berbagai capaian Kinerja untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat juga diimplementasikan melalui berbagai kebijakan lintas sektor, khususnya di sektor pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan ekonomi kerakyatan yang menjadi prioritas Pemkab Karawang. (*)
Posted by: Siti Badriyah
Berita News Karawang Updated at: 18:47

No comments:

Post a Comment