Wednesday 16 September 2015

Pemda akan Bangun 2 Rumah Sakit Baru

Layanan Kesehatan Gratis Masih Dikeluhkan 
Tinggi kebutuhan masyarakat terhadap layanan kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) sementara fasilitas rumah sakit tidak mampu menampung seluruh pasien. Tidak heran jika pihak rumah sakitpun terpaksa menolak melayani pasien.

Mengacu dari itu rencananya Pemkab Karawang akan membangun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) baru tipe C. Dan rencana tersebut sudah mendapat dukungan dari sejumlah anggota dewam karena dinilai bisa menjadi solusi bagi warga yang jauh dari perkotaan yang sulit mengakses rumah sakit daerah. "Langkah penambahan RSUD di Karawang benar karena sudah mendesak, apalagi RSUD Karawang sudah menjadi RS regional untuk tiga kabupaten," ujar wakil Ketua DPRD Karawang Budianto, Selasa (15/9).

Meski begitu, Budianto menyarankan Pemkab Karawang untuk membangun RSUD tipe C didaerah yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Karena daerah tersebut harus di cover oleh fasilitas kesehatan. Karena saat ini, masih ada masyarakat yang sulit mendapatkan fasilitas kesehatan karena jaraknya jauh. Nah, rencananya, Pemkab Karawang akan membangun dua RSUD tipe C di dua wilayah Karawang, yakni di wilayah timur dan utara. "Kalau di wilayah Timur, saya hanya sarankan jangan di daerah Jatisari atau Cikampek, karena wilayah itu sudah padat, rumah sakit ini sifatnya urgensi. Jadi bangunnya harus ditempat yang memang belum padat kendaraan," kata dia.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang Yuska Yasin menuturkan, pihaknya tengah melakukan pemetaan untuk titik pembangunan RSUD tipe C. Kedua titik tersebut diprediksi akan dibangun di Cikampek atau Telagasari untuk Karawang wilayah timur, dan Rengasdengklok untuk Karawang bagian barat dan utara.  "Sehingga nanti, dua rumah sakit tipe C ini bisa terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat dari berbagai wilayah," ujar Yuska.

Lanjut Yuska, rencana pembangunan sebenarnya sudah mulai dibahas pada awal tahun ini. Bahkan, sudah terlihat kegiatannya. Dengan melakukan pembelian tanah. Setelah itu, pada 2016 akan dibuatkan detail engineering design (DED), amdal, dan juga masterplan. Baru nanti pada 2017 proses pembangunan fisik mulai dilakukan. ?Kata Yuska, rumah sakit tipe C akan berfasilitas kesehatan lengkap. Ditambah tenaga medis yang tentunya berkualitas. Sehingga, masyarakat tidak perlu khawatir untuk berobat ke rumah sakit milik Pemkab Karawang.

Seperti diketahui, beberapa kecamatan di Kabupaten Karawang banyak yang belum memiliki rumah sakit dengan fasilitas kesehatan yang cukup lengkap. Sehingga, masyarakat di wilayah pesisir dan jauh dari pusat perekonomian, harus rela jauh datang berobat ke rumah sakit yang memiliki fasilitas kesehatan yang baik. (*)
Posted by: Siti Badriyah
Berita News Karawang Updated at: 17:26

No comments:

Post a Comment