Tuesday 22 September 2015

Jembatan Sukaharja Perlu Lampu Merah

JEMBATAN SUKAHARJA: Bunderan Alun-alun
Karawang menuju jembatan Sukaharga, jarang lalulintas.
Kondisi ini kerap micu pengendara melajukan kendaraan
dengan kecepatan tinggi.
Lampu merah memang diantara kebutuhan lalu lintas yang mesti terpenuhi. Tujuannya selain untuk memperlancar lalu lintas juga meminimalisir terjadinya kecelakaan. Hanya saja terkadang penempatannya mesti tepat dititik yang memang dibutuhkan.

Hal itu diungkapkan pemerhati masalah lalulintas Aan Firmansyah, baru-baru ini melalui surat elektroniknya, Sebagai contoh, lanjut dia, di ruas sebelum mencapai jembatan sukaharja yang baru saja diefektifkan. Dititik itu lebih penting dipasang lampu merah. Alasannya, sejak jembatan itu diefektifkan pengguna jalan selalu memacu kendaraannya dalam kecepatan tinggi karena kondisi lalu lintas yang lengang. Padahal disekitar area itu banyak sekali pejalan kaki. Selain itu, rambu-rambu lain yang diperlukan adalah ruas khusus bertanda hati-hati khusus yang akan digunakan pejalan kaki untuk menyeberang.

Disinggung mengenai lampu merah-lampu merah yang ada dipertigaan, Danil Sumarsana mengatakan, diantara alasan mengapa tiap pertigaan, perempatan dan bunderan dipasang lampu merah salah satunya adalah karena lalu lintas di area tersebut kerap dilanda kemacetan dan sering terjadi kecelakaan. Hal itu biasanya disebabkan karena tidak disiplinnya pengguna jalan raya sehingga acapkali berdampak terjadinya kemacetan.

"Dengan adanya lampu merah setidaknya ada peraturan yang mesti ditaati oleh pengendara. Sehingga paling tidak bisa meminimalisir terjadinya kemacetan dan kecelakaan. Bila bunderan Galuh Mas sudah memenuhi kedua kriteria tersebut idealnya bunderan Galuh Mas memang sepatutnya dipasangi lampu merah," ucap Danil. (*)
Posted by: Siti Badriyah
Berita News Karawang Updated at: 21:29

No comments:

Post a Comment