Friday 4 September 2015

BPJS Diminta Tingkatkan Kerjasama Rumah Sakit

BPJS Diminta Tingkatkan Kerjasama Rumah Sakit
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan diminta agar meningkatkan pelayanannnya terhadap masyarakat Kabupaten Karawang, terutama kerjasama dengan pihak rumah sakit yang dinilai masih kurang. Hingga saat ini masih banyak warga yang belum terbackup pelayanan BPJS meski sudah tercatat sebagai pemegang kartu BPJS.

"BPJS harus memeratakan pelayanannya di setiap wilayah di Kabupaten Karawang. Masih banyak masyarakat di wilayah pesisir dan pelosok yang terpaksa berobat ke RS yang jauh dari tempat tinggalnya akibat rumah sakit di wilayah pesisir dan pelosok belum bekerja sama dengan BPJS," ucap anggota Komisi D, Asep Syaefudin, Kamis (3/9).

Peningkatkan pelayanan, terutama kerjasama dengan pihak Rumah Sakit pun, dikatakan Asep perlu ditingkatkan karena banyak rumah sakit yang tidak kerjasama dengan pihak BPJS, infonya pihak BPJS kekurangan verifikator," ujar Asep.

Desakan itu muncul karena di wilayah timur Kabupaten Karawang khususnya Kecamatan Cilamaya, warga masih kesulitan memanfaatkan program jaminan kesehatan dari BPJS Kesehatan. Rumah sakit yang berada di wilayah tersebut, RS Puri Asih belum menjadi mitra dari BPJS Kesehatan. Akibatnya, masyarakat sekitar harus menuju rumah sakit yang lokasinya jauh dari tempat tinggal mereka. Masyarakat yang dekat dengan RS Puri Asih, terpaksa harus ke RS Karya Husada yang berada di Cikampek. "Saya harus ke RS Karya Husada yang lokasinya jauh dari tempat tinggal saya di Cilamaya, RS Puri Asih yang dekat dengan tempat tinggal saya katanya belum bekerja sama dengan pihak BPJS, jadi kalau saya harus memanfaatkan program BPJS, saya harus jauh ke RS Karya Husada," kata  warga Cilamaya Rudi.

Rudi bercerita, saat dirinya hendak memeriksakan diri di RS Puri Asih dengan menggunakan BPJS kesehatan, dia ditolak karena RS Puri Asih beralasan program BPJS belum bisa digunakan di RS Puri Asih. "Awalnya saya marah dengan RS Puri Asih, tapi pihak RS Puri Asih beralasan kalau pihak RS sudah melakukan upaya kerjasama. Namun upaya itu belum direalisasikan oleh pihak BPJS-nya," tuturnya.

Ia berharap BPJS kesehatan untuk segera merealisasikan kerjasama seluruh rumah sakit. Agar masyarakat Cilamaya bisa memanfaatkan program BPJS tanpa harus jauh-jauh ke RS di luar Kecamatan Cilamaya. "Saya berharap RS Puri Asih dan BPJS bisa mementingkan masyarakat, khususnya masyarakat Cilamaya dan sekitarnya," utasnya.

Sementara, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Karawang, Sri Rahayu Agustina mendesak pihak BPJS Kesehatan untuk segera merealisasikan kerjasama dengan seluruh rumah sakit. Karena, kata Sri, ketika BPJS booming dan di sosialisasikan ke masyarakat seharusnya pihak BPJS juga harus sudah siap. "Apalagi kendalanya ada di pihak BPJS kan aneh. Kalau memang pihak RS Puri Asih sudah membuat MoU, harusnya pihak BPJS sudah tidak ada alasan lagi, apalagi urusan teknis. Jadi saya harap ketika pemerintah menggalakan BPJS maka pihak BPJS harus siap untuk bekerja sama dengan pihak RS. Pemerintah pusat harus mengevaluasi BPJS,"tandasnya. (*)
Posted by: Siti Badriyah
Berita News Karawang Updated at: 20:21

No comments:

Post a Comment