Thursday 10 September 2015

Warga Karawang Kulon Buat Bank Sampah

BANK SAMPAH: Tokoh masyarakat Kelurahan
Karawang Kulon, Kecamatan Karawang Barat,
bersama warga dan pengurus PKPU sepakat
membentuk bank sampah.
Keberadaan bank sampah di lingkungan dianggap cukup tinggi memberikan kontribusi terhadap kebersihan lingkungan. Sampah, yang asalnya tidak bermanfaat lalu dibuang ke Tempat Pembuangan Sementara (TPS) sampah, menjadi bermanfaat dan bernilai ekonomis saat adanya bank sampah.

Hal ini pula yang akan dikembangkan oleh warga Kp Jebug RT 01/01 Kelurahan Karawang Kulon, Kecamatan Karawang Barat. Warga di komplek ini berencana membuat Bank Sampah untuk menanggulangi pencemaran lingkungan sekitar. Untuk memulai rencana itu, puluhan warga menggelar pertemuan mendengarkan pemaparan mengenai bank sampah dari lembaga Sahabat Duafa dan PKPU Karawang Rabu (9/9) malam, di salah satu rumah tokoh masyarakat setempat.

Salah seorang narasumber yang berpengalaman di bidang bank sampah yang juga pemerhati masalah sampah, Adi Hardi mengatakan, bank sampah yang berada di lingkungan nantinya berfungsi untuk mengelola sampah kering seperti bekas kaleng minuman, besi tua, kertas dan lain sebagainya, menjadi nilai ekonomis setelah dijual di bank sampah tersebut. Kata dia, kebaradaan bank sampah ini akan memiliki efek manfaat luar biasa jika sudah berkembang dalam satu lingkungan. Sampah yang ditabungkan masyarakat nantinya bisa ditukar berbentuk uang, hewan ternak, atau hal lainnya. Oleh sebab itu, Adi berharap agar di setiap RT/RW idealnya terdapat bank sampah. “Bank sampah akan mendorong warganya untuk menjadi nasabah bank sampah di RT terdekat,” katanya.

Narasumber lainnya Suseno mengatakan, keberadaan bank sampah dapat mengelola sampah menjadi nilai ekonomis serta menjaga kebersihan lingkungan. “Sebagai mana kita ketahui bahwa keberadaan bank sampah itu ada kaitannya dengan program pemerintah untuk mengelola sampah. Sampah yang biasanya dibuang di TPS, dapat dimanfaatkan dan dikelola olah pengurus bank sampah,” ucapnya.

Dalam kesempatan acara kemarin, PKPU Karawang juga sempat memberikan satu buah gerobak sampah untuk warga sekitar. Gerobak itu bisa dimanfaatkan oleh warga untuk mengangku sampah ke tempat sampah terdekat dengan status pinjam pakai. Tokoh masyarakat setempat, yang juga sebagai penanggung jawab bank sampah di wilayah tersebut M Iqbal mengaku sangat tertarik untuk membuat bank sampah di lingkungan tempat tinggal. Rencananya, keberadaan bank sampah di wilayahnya akan lounching dalam waktu dekat dan dihadiri oleh masyarakat sekitar yang akan dilibatkan. (*)
Posted by: Siti Badriyah
Berita News Karawang Updated at: 20:29

No comments:

Post a Comment