Wednesday 23 September 2015

Hari Aksara, Iket Sunda Jadi Cindra Mata

Hari Aksara, Iket Sunda Jadi Cindra Mata
Iket Sunda akan digunakan pada Hari Aksara Internasional (HAI) ke-50. Iket itu rencananya juga akan jadi cendera mata bagi tamu undangan. HAI yang akan dilaksanakan 22-24 Oktober 2015 di Lapang Karangpawitan, Karawang Barat yang akan dihadiri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Anies Baswedan.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang, Drs. H. Dadan Sugardan, Karawang sebagai tuan rumah HAI Provinsi Jawa Barat dan HAI Nasional sudah mempersiapkan segalanya, termasuk cendera mata iket Sunda yang akan diberikan Disdikpora Karawang kepada tamu sebagai cendera mata khas iket Jawa Barat.

Sehingga, di acara HAI tersebut, semua pejabat termasuk menteri akan menggunakan iket khas itu. Ini pun untuk memberi kesan tersendiri bagi tamu undangan dari berbagai provinsi se-Indonesia dengan penyelenggaraan HAI di kota lumbung padi Karawang ini. "Kalau cendera mata pakaian pangsi khawatir menteri tidak berkenan, sehingga dipilihlah iket Sunda, sebab di acara itu semua menggunakan pakaian batik lokal. Khusus undangan dan panitia batiknya pun direncanakan seragam," jelasnya.

Sehingga, cendera mata iket Sunda ini salah satu alternatif yang diberikan Karawang untuk tamu se-Indonesia. Motif batik dipilih berdasarkan hasil koordinasi panitia kabupaten, provinsi dan nasional. Di kedua sisi iket itu diberi tulisan 'Hari Aksar Nasional ke-50 Tahun 2015' dan 'Karawang - Jawa Barat'. Selain iket Sunda, Kabupaten Karawang akan memberikan cendera mata lainnya berupa miniatur Tugu Kebulatan Tekad Rengasdengklok berukuran sekitar 35 cm, sebab Rengasdengklok memiliki nilai historis kemerdekaan 16 Agustus 1945, saat menyusun Teks Proklamasi.(*)

Posted by: Siti Badriyah
Berita News Karawang Updated at: 00:56

No comments:

Post a Comment