Thursday 10 September 2015

Karawang Terus Berbenah

DILEBARKAN: Aktivitas pekerja dan alat berat
melakukan pelebaran jalan jembatan Karawang Barat.
Bina Marga Lebarkan Jembatan Karawang Barat

PEMERINTAH Kabupaten Karawang terus berbenah dalam sektor infrastruktur. Setelah pembangunan underpass gonggo, kini untuk mengurai kemacetan pemerintah akan memperlebar jembatan Karawang Barat.

KEMACETAN memang perlu disiasati. Diantaranya dengan memperlebar badan jalan. Kebijakan inilah yang ditempuh Pemerintah Karawang melalui Dinas Bina Marga. Dinas ini memperlebar jembatan Karawang Barat untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi di sejumlah ruas jalan yang terkorelasi dengan Jalan Interchange Karawang Barat.

Menurut pantauan RAKA, Rabu (9/9) dilokasi proyek terlihat sejumlah pekerja sedang sibuk melakukan pengerjaan di samping jembatan. Bahkan di lokasi tampak aktivitas alat berat sedang mengeruk tanah di bantaran Sungai citarum.

Sementara itu Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Karawang, Acep Jamhuri menuturkan, rencananya pemerintah daerah akan melakukan pelebaran jalan di jembatan tersebut. Nantinya jembatan ini akan diperlebar 7 meter, sehingga nantinya arus lalu lintas akan semakin lebar dan tidak menyempit seperti saat ini. "Itu sedang dikerjakan pelebaran selebar 7 meter ditambah trotoar itu satu meter, jadi lebarnya 6 meter," ujarnya.

Lebih jauh ia menuturkan, pelebaran jalan ini bersumber dari APBD murni 2015 dengan ploting anggaran Rp 19 miliar lebih. Proses pengerjaan ini akan dilakukan hingga akhir tahun ini. Oleh karena itu, ia berharap proses pengerjaan bisa berjalan dengan baik. "Itu dari murni anggaran Rp 19 miliar lebih," kata dia.

Tidak hanya akses jembatan saja yang akan diperlebar, rencananya pada 2016 mendatang pemerintah daerah akan melakukan pelebaran jalan disepanjang jalur interchange Karawang Barat ini. Sehingga ruas jalan akan sama lebar dengan jembatan ini. "Di 2016 itu akan kita perlebar jalan-jalannya," ulas dia.

Ia berharap dengan adanya pelebaran jembatan ini, titik kemacetan di Karawang akan berkurang. Apalagi, jembatan Karawang Barat (jembatan pabrik es) ini menjadi salah satu titik kemacetan parah. Karena adanya penyempitan jalan di jembatan ini. Oleh karena itu dengan adanya pelebaran jalan, arus lalu lintas akan lancar. Dan kendaraan yang melintas tidak harus antre panjang melintasi jembatan ini. "Kita harap kedepan tidak ada lagi macet disana," tandas Acep. (vid)
Posted by: Siti Badriyah
Berita News Karawang Updated at: 20:28

No comments:

Post a Comment