Friday 21 August 2015

Kawasan Industri Disarankan Miliki BLK

Kendati belum ada aturan mengharuskan kawasan industri
memiliki balai latihan kerja, namun usulan itu
perlu dipertimbangkan.
Kawasan Industri yang berdiri di Kabupaten Karawang diminta untuk mendirikan Balai Latihan Kerja (BLK) guna meningkatkan kemampuan para pencari kerja agar dilatih terlebih dahulu sebelum bekerja di perusahaan.

Permintaan tersebut dianggap penting terlebih mengingat BLK yang ada di Disnakertrans Kabupaten Karawang dinilai belum optimal melaksanakan fungsinya sebagai balai latihan kerja. "Teknisnya nanti BLK yang ada di masing-masing Kawasan Industri akan menyokong BLK yang ada di Disnakertrans. Dengan begitu tidak ada alasan perusahaan tidak merekrut warga asli Karawang," ujar Plt Bupati Karawang, dr Cellica Nurrachadiana pada Diskusi Panel MKKS, Kamis (20/8).

Dalam kesempatan diskusi tersebut Cellica mengatakan untuk menjamin mutu pendidikan tidak hanya pada mutu sekolah yang diperhatikan namun kualitas guru dan juga jumlah tenaga pendidik. Persoalan yang ada di Kabupaten Karawang menurutnya secara jumlah guru Karawang sangat kekurangan namun untuk perekrutan PNS sendiri karena itu bukan kewenangan dari Pemkab yakni dari Pemerintah Pusat. "Mengenai keberadaan gedung gedung sekolah sebagian besar sudah banyak memenuhi standart nasional seperti Gedung bertingkat pada SD, SMP, SMA/SMK. untuk gedung sekolah yang belum memenuhi standart secara bertahap akan dianggarkan biaya renovasi ataupun pembangunan," urai dia.

Diharapkan kedepan untuk sekolah kejuruan bisa semakin bekembang. Selain itu, nantinya keberadaan sekolah SMK yang masih menumpang, bisa dibantu oleh pemerintah propinsi. "Bila berbicara mengenai anak didik di SMK yang notabene pada 2017 nanti akan menjadi kewenangan Pemprop Jabar ketersediaan hampir 100 SMK yang ada di Karawang yang dominan masih menumpang dengan SMA, maka diharapkan bila nanti Pemkab menyediakan lahan maka Pemprop bisa membantu untuk membangunnya, sehingga nantinya bisa terjalin sinergitas disektor tersebut," katanya.

Lanjut Cellica, anak-anak SMK pada saat ini, untuk menghadapai Perdagangan Ekonomi Asean sangat dibutuhkan tidak hanya kepintaran tetapi juga kreativitas untuk bisa berkontribusi dalam pembangunan di Kabupaten Karawang. Sehingga Pemkab menekankan mutu sekolah memang hal wajib untuk terus ditingkatkan. "Pemkab akan menjamin keberadaan sekolah pada umumnya dan SMK pada khususnya diyakinkan keberadaannya akan terus maju dan diperhatikan oleh Pemkab karena lulusan SMK ialah aset generasi bangsa," tandasnya. (vid)
Posted by: Siti Badriyah
Berita News Karawang Updated at: 17:01

No comments:

Post a Comment