Wednesday 5 August 2015

Sektor Pariwisata Belum Tergarap

Masih harus lebih diperbaiki lagi ke depannya. Banyak sektor-sektor yang belum seratus persen tergarap, terutama dari sektor pariwisata. Padahal sektor ini amat berpotensi sebagai sumber pendapat asli daerah (PAD). Hal lain yang mestinya bisa menjadi bahan pertimbangan perlunya sektor ini digarap bahwa Karawang kaya akan tempat-tempat wisata.

"Sektor pariwisata belum tergara secara optrimal. Amat disayangkan jika mengetahui ternyata banyak sekali tempat-tempat wisata berpotensi PAD yang belum tergali," ucap pemerhati masalah pariwisata, Yanwar, belum lama ini. Padahal kalau saja pemerintah serius mengembangkan potensi PAD ini bukan tidak mungkin kedepannya Karawang akan menjadi daerah tujuan wisata nasional.

Alasan masih banyak kendala untuk mengembang sektor pariwisata, sebetulnya itu tidak bisa menjadi alasan. Perkembangan teknologi bisa memungkinkan apa saja, termasuk membuat terobosan-terobosan pengembangan usaha. "Banyaknya indutri-industri di karawang harus dikotrol dan apabila memang harus ada aturan atau perda untuk melindungi masyarakat, buatkan perdanya," tandas Yanwar.

Selain itu, ketidak cakapan pemerintah Karawang dalam membaca peluang PAD ini diakui memang menjadi pemicu mencuatnya berbagai opini ditengah masyarakat dan pemerhati budaya dan wisata. Mereka menilai bukan hanya ketidak jelian tetapi juga dari Pemkab sendiri yang terkesan enggan menaruh perhatian kesana. Padahal untuk mengembangkan wisatanya banyak hal bisa dilakukan, termasuk mengoptimalkan sarana dan prasarana pendukung wisata. Seperti potensi mahasiswa sebagai penyampai informasi efektif, hingga kini sama sekali belum dilirik. Padahal insan akademisi itu amat berpotensi menjadi duta-duta wisata.

"Kalau saja keberadaan objek-objek wisata itu dipublikasikan secara serius bukan hal yang tak mungkin jika Karawang akan menjadi daerah tujuan wisata utama," ucap Rini juga pemerhati pariwisata. Mengoptimalkan peranan mahasiswa bukan hanya sebagai duta-duta wisata tetapi juga mitra wisata dalam hal menggali potensi-potensi objek wisata bersangkutan. (*)
Posted by: Siti Badriyah
Berita News Karawang Updated at: 18:23

No comments:

Post a Comment