Monday 31 August 2015

Kapolres: Suatu Saat Polwan Pimpin Polsek

*Polwan Berjilbab Masih Menunggu Kelengkapan Pakaian Dinas

Suatu saat ada Polsek di wilayah Kabupaten Karawang yang Kapolseknya adalah seorang Polisi Wanita (Polwan). Ini adalah sebuah harapan dan itu harus diwujudkan. Karena itu Polwan harus terus meningkatkan prestasi dan profesionalisme kinerjanya agar harapan ini menjadi kenyataan.

Setidaknya inilah harapan Kapolres Karawang AKBP Daddy Hartadi sebagai ungkapan hati menyambut HUT Polwan ke-67 yang rencananya akan terpusat di Bukit Tinggi, Padang.

“Semoga HUT Polwan tahun ini, mampu membawa nama baik Polres Karawang di mata masyarakat  dan mampu membawa Polwan lebih dewasa, professional dan bermoral baik. Sehingga citra kepolisian yang humanis lebih dapat dirasakan masyarakat saat berhadapan dengan Polwan,” kata Kata Kapolres.
Kapolres berharap, jajaran Polwan terus memotivasi diri, berinovasi, meningkatkan kreatifitas dan selalu mengikuti perkembangan zaman sesuai semboyan Polwan yakni Esthi Bhakti Warapasri, yang berarti bhakti putri pilihan menuju cita-cita luhur.

Iapun berpesan, jajaran Polwan Polres Karawang harus tetap eksis dalam menjalankan tugas dan fungsinya, selalu meningkatkan kemampuan, dan tetap memberikan kinerja terbaiknya dalam melayani dan mengayomi masyarakat. Sehingga, kehadiran Polwan di tengah masyarakat dapat dicintai dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. “Sisi ketegasan dan humanis Polri tetap dikedepankan oleh Polwan. Karena Polwan memang dihadirkan di tengah masyarakat untuk meredam segala bentuk kekerasan. Saya rasa  Polwan memang harus lebih dihadirkan  di tengah masyarakat Karawang yang kulturnya cenderung keras, “ tuturnya.

Selain itu,lanjut dia, guna memaksimalkan peran Polwan, Polres Karawang akan terus berupaya meningkatkan kemampuannya dengan cara mendidik, melatih, baik disiplin, kinerja dan moralitasnya.
Sementara menyinggung surat Keputusan Kepala Polri Indonesia, No.Kep/245/III/2015 tentang perubahan atas sebagian isi surat Keputusan Kepala Kepolsian Negara RI No. skep/702/IX/2005 tanggal 30 September 2005 tentang Penggunaan Pakaian Dinas Seragam Polri dan PPNS Polri, beberapa anggota Polwan Polres Karawang mulai membiasakan diri mengenakan hijab atau jilbab. Mereka ini bagian dari 45 anggota Polwan yang bertugas di jajaran kepolisian Karawang.

Tujuh anggota Polwan di lingkungan Polres Karawang kini telah mengenakan jilbab dan busana sesuai syariah Islam dalam tugas sehari-harinya. Namun kelengkapan penggunaan jilbab ini masih diserahkan kepada pribadi masing-masing. Ketujuh anggota Polwan yang berjilbab di Polres Karawang yakni, Ipda Kasih Wuhrini bertugas di KSPKT, Aiptu Yeni Haryani bertugas di Bag Ren, Aiptu Lusia Lasinem anggota Reskrim, Brigpol Nisa Mardiana anggota Intel, Bripka Ucu Angela anggota Reskrim, Bripka Rita Zahara anggota Binmas, dan Bripda Giya Putra Asmara anggota Reskrim.

Kahumas Polres Karawang AKP Marjani ketika dihubungi mengatakan segala kelengkapan pakaian dinas bagi Polwan berjilbab ini, masih diserahkan kepada pribadi masing- masing anggota. Pasalnya, sejauh ini Polri belum memberikan kelengkapan baju seragam bagi yang berjilbab. “Penggunaan jilbab nantinya tidak hanya bagi Polwan yang berdinas di dalam ruangan saja, tetapi bagi Polwan yang bertugas di lapangan juga akan disiapkan baju dinasnya. Untuk penggunaan jilbab menyesuaikan dengan celana yang dipakai, begitu juga dengan pakaian untuk reserse dan intel," ujarnya.

Salah seorang anggota Polwan Polres Karawang, Aiptu Yeni Haryani, mengatakan, ia menggunakan jilbab setelah pulang dari ibadah umroh. Saat itu akan melepas jilbab, namun perasaan sangat berat. “Sebelum ada keputusan Kapolri, keseharian saya di rumah memakai jilbab, namun saat bertugas, jilbab di lepas untuk sementara. Sekarang tidak lagi ragu mengenakan jilbab saat bertugas,” ungkapnya.

Senada dengan Polwan lainnya, rata –rata mengaku sempat harus melepas jilbab ketika bekerja di tempat tugasnya di Mapolres Karawang. Namun, saat ini seluruhnya sudah leluasa untuk tetap mengenakan jilbab, baik saat bertugas maupun saat di luar tugas. (*)
Posted by: Siti Badriyah
Berita News Karawang Updated at: 22:26

No comments:

Post a Comment