Tuesday 11 August 2015

Underpass Gonggo Akhirnya Dibangun

Selama lama ditunggu akhirnya rencana pembangunan Underpass Gonggo digarap juga. Kemarin (10/8) pagi, meski tidak melakukan aktivitas namun sudah dipersiapkan dilokasi proyek. Sementara sejumlah pekerja sibuk mengerjakan konstruksi bangunan.

Selama ini Terowongan Gonggo merupakan satu dari puluhan titik langganan macet di pusat kota Karawang. Rencana terowongan selebar kurang lebih enam meter itu akan diperlebar hingga dua kali lipat lebarnya. Terowongan ini persis disamping Taman Bencong yang berada di sisi Jalan Aris Rahman Hakim atau Jalan Niaga. Dengan pelebaran luas terowongan otomatis memakan sebagian lokasi taman.

Menurut Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Karawang Acep Jamhuri, proyek tersebut merupakan salah satu program pemerintah daerah. Nantinya, pemerintah akan membuat satu terowongan lagi. Sehingga nanti, ada dua terowongan di terowongan penghubung antara Jatirasa dengan Niaga. Program ini tak terlepas dari, melegenda nya terowongan gonggo sebagai salah satu titik kemacetan parah. Karena, merupakan akses utama masyarakat Karawang. "Itu akan kita bangun terowongan, jadi ada dua nantinya,"ujarnya.

Lebih jauh ia menuturkan, mega proyek ini nantinya akan menelan anggaran sebesar Rp 7 miliar. Meski terdengar besar, namun pembangunan terowongan ini sangat bermanfaat bagi warga Karawang. Nantinya, pengerjaan ini akan berjalan selama tiga bulan atau 90 hari kalender kerja. Oleh karena itu, masyarakat Karawang diminta untuk bersabar, karena dalam waktu dekat ini terowongan gonggo ada dua. "Kita tunggu nanti 3 bulan, pekerjaan selesai," tukasnya.

Diharapkan dengan pembangunan terowongan gonggo dua ini, legenda gonggo yang terkenal dengan macetnya dapat terurai. Sehingga, masyarakat Karawang tidak lagi tersiksa dan berdesak-desakan jika melewati terowongan gonggo. "Nanti kita harap tidak lagi macet di gonggo," tandasnya. (*)
Posted by: Siti Badriyah
Berita News Karawang Updated at: 18:58

No comments:

Post a Comment