Wednesday 19 August 2015

Pesimis OPD Serap Anggaran Hingga 90 Persen

Teddy Rustendy
Saat ini Pemerintah Daerah sedang menyusun draft perubahan anggaran APBD 2015. Dalam rapat internal Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), ternyata ada 10 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mengajukan anggaran fantastis.

Ketua TAPD Kabupaten Karawang, Teddy Rusfendi Sutisna, ketika disinggung upaya untuk mengantisipasi ajuan OPD yang dinilai fantastis, tidak banyak berbicara. Dia seperti memaklumi kekhawatiran banyak fihak terkait akan munculnya anggaran-anggara fantantis yang tidak sesuai dengan kemampuan OPD bersangkutan. "Saat ini kita lagi menyusun draft perubahan. Itu dilakukan terutama untuk menyisir besaran anggaran yang diajukan OPD," ujar Teddy.

Tidak sampai disitu, disampaikan juga upaya-upaya antisipasi yang dilakukan agar anggaran yang digelontorkan tidak mubazir diantaranya dengan mengingatkan OPD agar selektif memastikan anggaran. Sebab, Teddy mengingatkan pihaknya pun akan selektif menyisir besaran anggaran OPD. "Kita tekankan kepada OPD jangan jor-joran mengajukan anggaran," ujarnya.

Tegas dikatakan agar OPD bisa mengukur kemampuan masing-masing. Jangan memaksakan jika memang tidak mampu. Terlebih dengan program-program instan supaya terlihat seimbang dengan ajuan anggaran. Karena itu Teddy mengusulkan agar pengajuan anggaran sesuai dengan program unggulan masing-masing OPD. "Anggaran dan program itu harus sesuai dengan kemampuan melakukan penyerapan anggaran. Jangan sampai, hanya mengajukan anggaran besar tanpa merealisasikannya," tandas Teddy.

selain itu, kendati tidak secara tegas, Teddy juga mengingatkan supaya menghindari cara-cara seperti itu yakni mengajukan program-program instan dengan harapan mendapatkan ajuan anggaran yang besar. Karena nantinya itu cuma akan menjadi beban karena ketidakmampuan OPD lantaran tidak matangnya program-program pembangunan yang diagendkan. "Mintanya besar, tapi tidak terealisasi pekerjaanya, itu kan sama saja bohong," imbuh dia.

Oleh karena itu, dalam sejumlah rapat yang digelar TAPD membahas anggaran perubahan maupun anggaran APBD 2016, Teddy yang juga Sekda Karawang menekankan kepada seluruh OPD untuk dapat menyerap anggaran hingga 90 persen di tahun akhir anggaran. Jika tidak dapat menyerap anggaran hingga 90 persen, tidak usah mengajukan anggaran yang nilainua fantastis. Karena, akan mubazir program yang sudah di canangkan tersebut. "Mampu gak anda (OPD), akhir triwulan ke 3 capai 70 persen, mampu gak sehingga triwulan ke 4 bisa 90 persen,"tukas dia.

Ternyata diakui Sekda dalam pembahasan awal anggaran perubahan ini ada sekitar 10 OPD yang mengajukan anggaran begitu fantastis. Namun sayang, Teddy enggan membeberkan jumlah anggaran yang diajukan tersebut. "Ada 5 sampai 10 OPD, tapi mereka punya alasan yang kuat," timpalnya. (vid)
Posted by: Siti Badriyah
Berita News Karawang Updated at: 01:44

No comments:

Post a Comment